RESMI MELANTIK BPP DAN BPW, MOTO SANI: SETIAP ADVOKAT ADALAH MERUPAKAN SAHABAT DEKAT ADVOKAT LAINNYA DISELURUH INDONESIA

4.7
(500)

Setelah Pengurus BPP dan BPW Sahabat Advocate Nusantara Indonesia (SANI) Periode 2021-2024 resmi dilantik dan dikukuhkan.  

Pelantikan dan pengukuhan yang berlangsugn di Hotel Papandayan Jl. Gatot Subroto, Kota Bandung, Jawa Barat. Jumat, (12/11/2021) malam tersebut  di pimpin langsung Ketua Umum Badan Pengurus Pusat SANI Irwan Hadiwinata, S.H., Sp.N., M.H dan Sekretaris Jenderal SANI Fenni Yolandani, SH.

acara yang dihadiri oleh dewan pakar dari kalangan kampus diantaranya UNISBA, UNTAR, UNIKOM

  • Prof. Dr. Nandang Sambas, S.H., M.H.
  • Dr. Ariawan Gunadi S.H., M.H.
  • Dr. Sahat Maruli T. Situmeang, S.H., M.H.
  • Staf Ahli MPR RI. Dr. Ucok.
  • Dr. Musa Darwin Pane,S.H., M.H.
  • Dr. L. Alfies Sihombing,SH.,MH., MM., CPR.,CLA.,M.I.kom
  • Dr. Yeyeng
  • Ahli Pidana Polda Jabar
  • Kejaksaan Agung RI Direktur Pidana Umum DR Yudi Hamdono
  • Dan Perwakilan dari Pengadilan serta kalangan Pemerintahan Lainnya.

Badan Hukum Perkumpulan Sahabat Advocat Nusantara Indonesia (SANI)

Bermula dari berkumpulnya beberapa teman Advokat lintas Organisasi Advokat tentang perlunya kita mempunyai Sahabat Advokat se-Nusantara yang mempunyai spirit dalam kegiatan sosial untuk mempunyai semacam wadah silahturahmi lintas organisasi advokat, yang tak lain adalah untuk melakukan kegiatan sosisal bersama bagi masyaraka lanjut usia serta masyarakat kebanyakan yang memerlukan; memberikan bantuan hukum baik litigasi maupun non litigasi dan penyuluhan hukum; mensosialisasikan peraturan – peraturan pemerintah yang berhubungan dengan sosial ekonomi budaya yang semuanya untuk kepentngan masyarakat umum yang membutuhkan, menyelenggarakan seminar serta lokalkarya untuk kepentingan profesi.

Dengan niat baik dari beberapa teman, maka timbul gagsan mendirikan suatu Perkumpulan yang mempunyai kepengurusan untuk menjalankan kegiatan- kegiatan dimaksud agar dapat berjalan secara teratur dan

bertanggung jawab, karena pasti diperlukan pemikiran, tenaga, serta supporting moril maupun materil.

Mengingat niat baik kegiatan ini bukan bermaksud menjadi Perkumpulan yang ekslusif maka dalam perjalanan pelaksanaanya juga akan melibatkan semua teman rekan sejawat SANI se – Nusantara, sehingga dalam struktur kepengurusanya juga dibentuk Koordinator – coordinator wilayah / Badan pengurus wilayah / Badan pengurus cabang.

Perkumpulan Sahabat Advocat Nusantara Indonesia , didirikan dengan Akte Pendirian No 7 tanggal 6 Februari 2018 dihadapan Ryan Pratama, S.H, MKn. Notaris di Bandung dan telah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI sebagai Badan Hukum Perkumpulan SANI sesuai Surat Keputusan Nomor AHU / 0001771/ AH/01/07 /2018 tertanggal 12 februari 2018, Jo Surat Keputusan Nomor AHU/ 00585 / AH / 01 /08 / 2021 tertanggal 12 April 2021 , Berita Negara Republik Indonesia No.087 Tambahan Berita Negara No. 000581.

Badan Hukum Perkumpulan SANI, pada periode kedua 2021- 2024 senantiasa mengikuti perkembangan zaman dan kepengurusan selain menjalankan Program Pendidikan kelanjutan dan seminar, juga Bantuan Hukum, Konsultasi Hukum serta ada Bidang Pembelaan Profesi Advokat.

Pada Periode ini SANI melengkapi selain adanya Badan Pembina , juga ada Badan Penasehat dan Badan Pakar yang diisi oleh Para Guru Besar Universitas Islam Bandung ( UNISBA ), Universitas Tarumanagara ( UNTAR ), Universitas Komputer Indonesia ( UNIKOM ), serta para Praktisi Senior lainya.

Perkumpulan SANI saat ini tidak membuka lebar penerimaan anggota, akan tetapi keanggotaan dan kepengurusan berdasarkan undangan dan rekomendasi dari Pengurus Perkumpulan.

MOTO SANI: SETIAP ADVOKAT ADALAH MERUPAKAN SAHABAT DEKAT ADVOKAT LAINNYA DISELURUH INDONESIA

SANI adalah Badan Hukum Perkumpulan para profesi Advokat dari Lintas Organisasi Advokat, dengan kata lain SANI adalah sebagai wadah silaturahmi para Advokat yang mempunyai jiwa profesionalisme, sosial, dinamis untuk kepentingan profesinya sendiri dan sebagai salah satu penegak hukum Bersama penegak hukum lainnya (Pasal 5 Undang-undang No. 18 tahun 2003).

Undang-undang No. 18 tahun 2003 tentang Advokat pada mulanya dan sampai saat ini bertujuan sebagai jalan keluar bagi tercapainya suatu organisasi Advokat yang bersifat sebagai wadah tunggal.

Dalam perjalanannya Organisasi Advokat yang dimaksud dengan nama PERADI, saat ini ternyata PERADI semula menjadi 3 (SOHO, SAi, RBA) disusul PERADI- PERADI lain, perkumpulan-perkumpulan lain yang juga dinamakan sebagai Organisasi Advokat.

Hal tersebut tak lain karena terjadi pergesekan kepengurusan dan perkembangan jaman dan juga adanya aturan yang mendukung.

Negara kita adalah negara hukum bukan negara kekuasaan, dimana kebebasan berkumpul dan berserikat sebagai ciri negara demokrasi telah dijamin oleh Undang-undang dasar negara kita . Kemajemukan keanekaragaman dan pluralisme adalah merupakan kekayaan dan kebesaran Tuhan, sehingga kalua saat ini dan telah menjadi fakta banyaknya Organisasi Advokat harus kita lihat sebagai suatu Penghargaan dan Kebesaran bagi Profesi Advokat itu sendiri.

Undang-undang No. 18 tahun 2003 tentang Advokat yang semula untuk mencapai tujuan Wadah Tunggal/SINGLE BAR , maka saat ini SINGLE BAR telah menjadi suatu hal yang dicita-citakan.

Dengan maraknya berdiri Organisasi Advokat dan badan-badan perkumpulan Advokat, kita juga harus memikirkan perlindungan bagi Advokat itu sendiri dan para JUSTITIA BELEN sehingga jalan keluar yang harus dipikirkan Bersama adalah memberlakukan aturan kode etik yang berlaku bagi semua Advokat.

SANI menghimbau, agar para pimpinan Organisasi Advokat dan badan-badan hukum pekumpulan segera berhimpun untuk berupaya mempercepat mencapai tujuan SINGLE BAR yang saat ini merupakan suatu cita -cita bagi seluruh advokat, tetapi tidak diartikan SINGLE BAR secara letter lijk atau hanya satu organisasi saja, tetapi menitik beratkan sifatnya yang singgle dalam memberlakukan aturan-aturan termasuk satu kode etik bagi advokat Indonesia

Apakah Artikel ini Menarik Menurut Anda

Nilai Arikel ini sekarang!

Nilai Rata Rata 4.7 / 5. Jumlah Penilai: 500

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Previous post MOTO SANI: SETIAP ADVOKAT ADALAH MERUPAKAN SAHABAT DEKAT ADVOKAT LAINNYA DISELURUH INDONESIA