[ISMARTV] ORI MENCATAT REKOR KEBAYA TERPANJANG, KEBAYA MENGANDUNG FILOSOPI KEHIDUPAN.

0
(0)

Original Rekor Indonesia tentunya mencatat prestasi pemecahan Rekor di Indonesia. Bertepat di hari minggu, 15 Mei 2016. Pemecahan Rekor Kain Kebaya terpanjang, oleh perancang Ibu Tinong. Yang dikenakan pada model anak usia 7 tahun dengan panjang 60 meter, 40 cm meter, dan berat 10 kg ini berlangsung sangat meriah. Bertepat di salah satu Hotel di jalan Oto Iskandardinata di Kota Bandung, acara ini turut melestarikan warisan bangsa Indonesia, khususnya dalam kategori busana yaitu Kebaya.

Seperti yang diketahui, kebaya merupakan jenis busana yang dipakai oleh kaum wanita Jawa khusus nya di lingkungan budaya Jawa dan Sunda. Bagi seorang wanita kebaya bukan hanya sebagai sebatas pakaian. Lebih dari itu, kebaya juga menyimpan sebuah pilosofi tersendiri. Sebuah pilosofi yang mengandung nilai-nilai kehidupan. Keberadaan kebaya di Indonesia bukan hanya menjadi salah satu jenis pakaian, kebaya memiliki makna kesederhanaan dari masyarakat Indonesia. Nilai pilosofi dari kebaya adalah kepatuhan, ke halusan, dan tindak tanduk wanita yang harus serba lembut.

“Hari ini tanggal 15 mei 2016, di Hotel Arkeo Hotel, saya telah menyaksikan satu pembuatan rekor dunia baru yaitu berupa Fashion Show dengan kebaya terpanjang di dunia berbobot lebih dari 10 kilo itu kita mencatat pengukuran terpanjang 60 meter 40 cm.”

“Pada hari ini telah terjadi sebuah pembuatan rekor baru yaitu kain kebaya terpanjang oleh Ibu Tinong yang digunakan oleh Tahira model terkecil umur 7 tahun. Setelah kami ukur panjang nya 60 meter 40 cm, harapan kami semoga dengan adanya rekor ini mudah-mudahan untuk pakaian tradisional Indonesia khususnya dapat terus berkembang untuk diperkenalkan ke dunia Internasional.” Ujar AGUNG ELVIANTO selaku Original Rekor Indonesia.

“Sebelumnya sih saya tadinya ragu-ragu untuk membuat kebaya terpanjang ini saya yakin saya sangging atau ngga karena kan kebaya juga ada keterbatasan tertentu, tapi saya pilih kebaya terpanjang dengan warna hitam putih dengan ukuran mini, kan misalnya kalo kebaya yang untuk dewasa akan pasti gampang. Tapi kalau ini mungil tetap indah dan sesuai dengan kaidah tentunya.” Ujar TINA GANTINI selaku Perancang Dan Peraih Rekor Indonesia Dan Dunia.

Nah Smartizen itu dia liputan khusus mengenai kebaya di Indonesia, semoga dengan tercatatnya rekor ini di Original Rekor Indonesia bisa menjadi inspirasi dan melestarikan kebudayaan khasnya di Indonesia.

RS01

Apakah Artikel ini Menarik Menurut Anda

Nilai Arikel ini sekarang!

Nilai Rata Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post [HUNTING KULINER ISMARTV] Saung Mamih Food and Art Gallery, Dago Bandung
Next post DOKUMENTASI PENYERAHAN PIAGAM ORI MEMASAK DENGAN PESERTA TERBANYAK DALAM ACARA PENYULUHAN NARKOBA